Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri, Praktis Dan Mudah

Cara Membersihkan Injektor Motor - Pada motor dengan sistem injeksi, injektor merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat vital. Fungsi injektor tidak lain adalah untuk menyemprotkan dan mengabutkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Bisa dibayangkan jika proses penyemprotan ini terganggu atau tidak maksimal maka efeknya bisa mempengarui performa mesin. Entah tersendat, tarikan kurang atau yang lebih parah lagi mesin tidak bisa hidup. Untuk itu rajinlah untuk melakukan service di bengkel-bengkel resmi. Namun jika anda ingin membersihkan injektor ini sendiri, sebenarnya ada beberapa cara yang mudah untuk dilakukan dirumah. Simak cara praktisnya berikut ini.

Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

1. Dengan Carbon Cleaner
Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan Carbon Cleaner seperti Yamalube Carbon Cleaner. Cuma mencampurkan cairan kimia tersebut ke tangki bensin, kotoran yang ada di injektor akan terkikis hilang. Cara penggunaanya sangat mudah yakni tinggal mencampurkan cairan tersebut dalam tangki yang sudah berisi bensin antara 3,5 liter hingga 5 liter dan lakukan setiap 3000 km sekali.

2. Dengan "Infus"
Banyak bengkel resmi yang mulai menawarkan pembersihan injektor dengan cara ini. Prosesnya menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar dan di injek menggunakan alat khusus seperti infus. Jadi selang bahan bakar dilepas dan kemudian disambungkan dengan tabung khusus yang diisi carbon cleaner. Tabung tersebut diberi udara bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke ruang bakar. Mesin dihidupkan sambil digas. Cara ini cuma memakan waktu kurang lebih 5 menit, sampai cairan habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Metode ini bisa dilakukan setiap 10.000 km.

3. Dengan Injector Clener
Cara Membersihkan Injektor Motor yang terakhir ini memang cukup ribet dan hanya bisa dilakukan di bengkel. Hal ini lantaran injektor harus dicopot dan kemudian dimasukan dalam sebuah alat bernama injector cleacer &tester. Setelah dimasukan dalam alat tersebut, maka akan diketahui berapa debit atau tekanan injektor tersebut. Jika kurang dari standar maka kemungkinan bisa disebabkan injektor kotor. Jika kotor maka selanjutnya injektor akan direndam dengan cairan khusus dan diberi getaran ultrasonic untuk merontokan kotoran didalamnya.

Demikianlah tadi Cara Membersihkan Injektor Motor. Jika mau yang praktis dan bisa dilakukan dirumah maka bisa menggunakan cara yang pertama. Namun jika mau yang hasilnya lebih maksimal dan kotoran dalam injektor benar-benar hilang bisa memilih cara kedua atau ketiga yang bisa dilakukan di bengkel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel