Cara Membuat Charger Hp Di Motor Dengan USB Yang Aman

Cara Membuat Charger Hp Di Motor - Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Kemanapun kita pergi, pasti tidak lepas dari perangkat yang satu ini. Tak hanya untuk berkomunikasi saja, ponsel juga digunakan untuk sarana hiburan. Di antara anda mungkin pernah kesal lantaran kehabisan daya baterai handphone saat berpergian. Jika terdapat sumber listrik atau anda membawa powerbank mungkin tidak menjadi kendala, namun jika anda tidak menemukan sumber listrik untuk mencharger ponsel anda mungkin anda bisa pusing tujuh keliling. Untuk itu anda bisa melakukan eksperimen dengan membuat charger Hp di motor anda. Dengan demikian anda bisa mencharger ponsel anda dimanapun berada ketika sudah kehabisan daya.


Cara membuat charger Hp di Motor sebenarnya cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di toko elektronik. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu. Pada dasarnya Aki sepeda motor merupakan "powerbank" yang bisa kita gunakan untuk keperluan apa saja tentunya yang berhubungan dengan perangkat elektronik. Di sepeda motor, Aki berfungsi untuk sumber kelistrikan seperti lampu, motor starter dan lain sebagainya. Lantas apakah aki sepeda motor bisa kita gunakan untuk mencharger Hp kita? Jawabanya tentu bisa, namun harus menambahkan rangkaian tambahan. Aki sepeda motor umumnya memiliki tegangan 12 volt, sedangkan input tegangan pada ponsel adalah sektiar 3,7 volt. Jika langsung dihubungkan dari aki ke Hp tentu saja akan kelebihan tegangan dan menyebabkan kerusakan. Untuk itu diperlukan sebuah rangkaian regulator untuk menurunkan tegangan (stepdown) dari 12 volt menjadi sekitar 3,7 volt. Cara membuantya tidak begitu rumit, siapkan beberapa bahan berikut ini:

Bahan:

  • PCB matrik
  • IC 7812 dan 7805
  • Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
  • saklar
  • sekring
  • kabel
  • Box
  • USB (bisa menggunakan USB bekas)
Cara Membuat Charger Hp Di Motor 
  1. Siapkan solder beserta tenolnya dan siapkan semua bahan-bahan diatas. Tata bahan-bahan di PCB dan rangkai seperti rangkaian dibawah ini.
  2. Solder rangkaian serapi mungkin
  3. Pasang sekring dan saklar kabel in serta USB di kabel out.
  4. Yang harus diperhatikan, pada USB yang anda gunakan biasanya memiliki 4 kaki. Kaki kanan adalah (+) dan  kaki kiri (-), sedangkan 2 kaki ditengah tidak digunakan.
  5. Masukan rangkaian di box agar terlihat rapi.
Gimana mudah bukan Cara Membuat Charger Hp Di Motor dengan USB diatas? Pada rangkaian diatas menggunakan 2 buah IC, tujuanya untuk memastikan tegangan yang masuk ke IC7805 adalah 12 volt. Hal tersebut dimaksudkan agar IC7805 tidak terlalu panas karena tegangan aki motor bisa lebih dari 12 volt.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel