Ada Suara Nembak Pada Knalpot Mio Soul? Begini Cara Mengatasinya

Suara Nembak di Knalpot Mio Soul sering menjadi keluhan para pemilik matic tersebut. Sebenarnya suara nembak tersebut tidaklah berbahaya, hanya saja jika tidak segera diatas suaranya mengganggu.Sama seperti suara nembak di vixion,  suara ledakan tersebut juga berasal dari sistem AIS atau air induction system. Sistem AIS ini berfungsi untuk menekan emisi gas buang dengan cara menambahkan udara ke saluran gas buang. Pembakaran yang tidak sempurna didalam engine akan mengeluarkan gas hydrocarbon (bahan bakar yang belum sempat terbakar). Hydrocarbon ini jika jumlahnya terlalu tinggi tentu akan mengganggu keseharan manusia. Nah dengan ditambahkanya udara melalui sistem AIS ini diharapkan hydrocarbon bisa terbakar melalui panas di saluaran buang.

Lalu kenapa bisa menimbulkan suara nembak di knalpot Mio Soul tersebut? Saat akselerasi dan deselerasi maka akan timbul suara dar, der, dor. Biasanya hal ini terjadi pada Mio Soul yang sudah memiliki usia pakai lebih dari 3 tahun. Penyebabnya dikarenakan sistem AIS tersebut kotor, cara mengatasinya ya tentu dibersihkan. Cara membersihkan AIS Mio ini enggak susah kok, anda bisa melakukanya sendiri dirumah. 

Cara Mengatasi Suara Ledakan Di Knalpot Mio Soul

  1. Buka body samping kiri terlebih dahulu, agar pengerjaanya lebih mudah. Letak AIS ini dekat dengan karburator. Dengan menggunakan obeng (+) lepas 2 buah baut pengikat AIS.
  2. Di AIS tersebut terdapat 3 buah selang, lepas semuanya baik yang menuju mesin, intake, dan filter udara.
  3. Lepas 4 buah baut pada AIS menggunakan obeng (+)
  4. Setelah terlepas maka akan nampak lempengan besi bernama reed valve bersama stoppernya. Lepas lempengan tersebut dengan melepas baut pengikat menggunakan obeng kembang yang lebih kecil.
  5. Nah biasanya jika usia pakai kendaraan sudah lama, akan menumpuk kotoran disini.Gunakan sikat gigi dan sedikit bensin untuk membersihkanya.
  6. Kalau sudah tinggal pasang lagi sistem AIS seperti semula.
Dengan membersihkan sistem AIS sesuai langkah diatas maka suara ledakan pada knalpot Mio Soul sudah hilang. Cukup mudahkan ? Kini anda bisa berkendara lebih nyaman karena tidak terdengar lagi suara ledakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel