Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan

Air Radiator Berwarna Kecoklatan- Radiator adalah salah satu komponen sistem pendinginan didalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan air pendingin. Beberapa masalah pada sistem pendingin sering kita jumpai salah satunya adalah air radiator yang berwarna kecoklatan. Hal tersebut saya jumpai pada pemilik mobil beberapa waktu lalu. Ia mengeluhkan kenapa saat menguras air pada reservoir tank selalu berwarna kecoklatan seperti ada kandungan karat dari besi. Apakah hal tersebut merupakan indikasi kerusakan pada salah satu komponen sistem pendingin?
Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan
Penyebab Dan Solusi Air Radiator Yang Berwarna Kecoklatan

Penyebab Air Radiator Berwarna Coklat

Kemungkinan penyebab dari air radiator yang berwarna coklat adalah beberapa komponen sistem pendingin sudah berkarat. Air yang berada di radiator tersebut bersirkulasi dalam engine melalui mantel air. Nah apabila radiator, blok mesin atau komponen lainya berkarat maka bisa menyebabkan air radiator berwarna kecoklatan. Nah, lalu bagaimana solusi mengatasinya jika hal tersebut sudah terjadi.

Solusi mengatasi air radiator yang berwarna kecoklatan bisa dengan menguras air radiator secara teratur. Bersihkan komponen sistem pendingin dengan menggunakan radiator flush yang banyak beredar dipasaran. Dan satu lagi dalam mengganti air radiator disarankan untuk menggunakan water coolant yang bisa dibeli di toko-toko spare part. Jangan mengganti air radiator menggunakan air mineral, karena akan menimbulkan karat pada komponen sistem pendingin.