Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Memodifikasi Audio Mobil

Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Memodifikasi Audio Mobil- Menambah perangkat audio seperti subwoofer memang menjadi tren bagi kalangan pecinta modifikasi. Akan tetapi dengan penambahan perangkat audio tersebut harus di imbangi oleh suplay listrik yang memadai. Sumber kelistrikan pada mobil memang berasal dari aki/ bateray, namun bateray tersebut mendapat arus pengisian yang bersumber dari alternator. Apabila ada penambahan beban listrik yang besar, maka bisa menyebabkan aki tekor bahkan alternator akan rusak.
Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Memodifikasi Audio Mobil
ilustrasi modifikasi audio pada mobil

Alternator adalah komponen yang harus diperhatikan saat memodifikasi audio pada mobil. Usia pakai alternator pada umunya adalah 5 tahun,  namun apabila ada penambahan barang elektronik yang menambah beban listrik besar maka akan mengurangi usia pakai dari alternator. Kapasitas pengisian biasanya menyisakan 5-10 A sebagai cadangan. Sehingga apabila anda memodifikasi audio dengan menambah subwoofer maka harus ada penyesuaian pada sistem pengisianya. Caranya dengan mengganti alternator dengan kapasitas yang sesuai atau juga bisa dengan memodifikasi alternator tersebut. Memodifikasi alternator bisa dilakukan dengan cara mengganti kumparan didalamnya.
Komponen Yang Harus Diperhatikan Saat Memodifikasi Audio Mobil
alternator
Rusaknya alternator bisa ditandai dengan suara gemuruh yang bersumber dari ausnya bearing akibat beban yang terlalu berat. Jika hal tersebut terjadi maka memungkinkan rotor dan stator di dalam alternator bersentuhan yang mengakibatkan gosongnya kumparan. Oleh karena itu perhatikanlah kapasitas alternator ketika akan memodifikasi perangkat audio pada mobil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel