Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras atau Rusak

Faktor kenyamanan dalam sebuah mobil tentu menjadi factor yang tidak bisa ditinggalkan. Banyak aspek yang mendukung kenyamanan mobil ini salah satunya adalah kondisi suspensi. Apa jadinya jika suspensi ini telah rusak atau ayunanya terlau keras. Imbasnya tentu kenyamanan dalam berkendara akan berkurang. Terlebih lagi saat bermanuver di tikungan, mobilpun akan menjadi tidak stabil. Lalu apa penyebab rusaknya suspensi ini?

Penyebab Suspensi Mobil Keras adalah bocornya oli pada sock absorber, sehingga gerakan kembali dari suspensi akan berlangsung secara cepat yang mengakibatkan suspensi terasa keras. Habit mengendara juga berperan pada bocornya oli tersebut. Gaya mengemudi yang menyebabkan suspensi cepat rusak seperti saat melibas lubang dengan kecepatan tinggi, atau justru mengerem saat melalui jalan berlubang. Saat di rem maka beban kendaraan akan bertumpu di depan, dengan demikian suspensi bekerja lebih ekstra. Nah selain itu ada beberapa penyebab suspensi mobil keras diantaranya adah sebagai berikut:

  1. Pemasangan Upper Mounting Tidak tepat
    Apabila bearing upper mounting meleset maka akibatnya suspensi atau sockbreker tidak bisa duduk dengan benar. Akibatnya suspensi bekerja melebihi batas. Oleh karena itu dalam pemasangan suspensi harus diperhatikan betul jangan sampai meleset.
  2. Sering Berkendara di Jalan Berlubang
    Jika anda sering mengendarai mobil di jalan yang berlubang tentu dampaknya akan mempercepat usia pakai suspensi. Hal ini karena suspensi bekerja lebih berat dan melampaui batasnya. Apalagi mobil anda adalah jenis hatchback atau sedan.
  3. Usia pakai
    Hal ini memang tidak bisa dihindari, jika usia pakai suspensi sudah lama maka bisa jadi oli didalamnya bocor sehingga suspensi mobil terasa keras. Bocornya oli ini sebenarnya bisa diamati secara visual. Jika terlihat oli di badan suspensi bisa jadi oli suspensi telah bocor. Indikasi lain bisa dilihat adanya debu yang menempel tebal di bagian tententu. 

Jika oli sockbrecker sudah bocor sebenarnya ada beberapa bengkel yang bisa memperbaikinya. Biasanya disebabkan oleh silnya yang sudah rusak. Namun jika mau tak ambil resiko ya ganti dengan yang baru. Demikianlah ulasan mengenai suspensi mobil yang keras. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel