Cara Membersihkan AC Mobil Avanza

Di daerah tropis seperti di Indonesia, kebutuhan Air Conditioning atau yang lebih dikenal AC sangat diperlukan dalam sebuah kendaraan. Apalagi didaerah yang sering terjadi kemacetan, tanpa adanya AC bisa-bisa tubuh serasa didalam oven. Karena AC ini dipakai secara terus menerus tentunya harus dilakukan perawatan agar kerjanya tetap optimal. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan di sistem AC adalah filter AC. Di beberapa mobil seperti di mobil Avanza komponen ini berada di dashboard sebelah kiri. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran. Nah jika kotoran di filter AC ini telah menumpuk maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti hembusan AC kurang kencang, AC kurang dingin, timbul bau tak sedap hingga menyebabkan penyakit seperti ISPA. Oleh karena itu filter AC perlu dibersihkan secara berkala.
Cara Membersihkan AC
filter AC

Cara membersihkan filter AC ini sebenarnya cukup mudah. Bentuknya menyerupai filter udara yang berada di engine. Untuk membersihkanya tentu harus dilepas terlebih dahulu dengan membuka laci yang ada di dashboard samping kiri. Cara melepasnya cukup menekan klip yang berada di sebelah kanan cover. Jika kotoran yang menempel di filter AC belum terlalu banyak masih bisa dibersihkan menggunakan udara bertekanan dalam hal ini adalah kompresor. Namun jika kondisinya sudah terlalu kotor yang ditandai dengan warnanya yang menjadi hitam pekat, maka sebaiknya dilakukan penggantian pada filter AC. BIasanya untuk penggantian filter AC dilakukan setiap 50 ribu Km. Dalam membersihkan filter AC lakukanlah secara hati-hati, karena jika dilakukan secara asal bisa merusak piranti penyaring kotoran ini. 
Cara Membersihkan AC
Cara Membersihkan filter AC

Jika sudah maka pasanglah kembali filter AC ke tempar semula. Nah dengan membersihkan atau menganti filter AC, maka masalah-masalah seperti bau tak sedap, AC tidak dingin bisa sedikit teratasi. Selain itu anda juga terhindar dari penyakit ISPA yang disebabkan oleh kotornya filter AC. Anda bisa menghirup udara yang dihembuskan oleh blower dalam keadaan bersih, karena kondisi filter AC bersih alias tidak lagi tersumbat oleh kotoran.